Sabtu, 13 Februari 2010

Teknologi Game

Apa itu Game??
"Game", satu kata yang sudah sangat familiar di telinga kita, saya yakin mulai dari anak2 sampai orang dewasa sudah pernah mendengar kata ini, bukan hanya mendengar, tetapi juga tau tentang apa itu game. secara bahasa indonesia game itu sendiri berarti permainan. secara istilah menurut saya game adalah suatu replika dari alam nyata dalam imajinasi yang dibekukan dalam keadaan sebenarnya, game ada yang bisa dilakukan dalam bentuk fisik (kita sendiri yang bergerak untuk bermain), ada juga yang di aplikasikan dalam bentuk digital.

Sejarah perkembangan Game

Dari mana ya asal mula game??
Jika dilihat, menurut saya game tradisional sudah ada sejak dulu, walau hanya sebatas suit jari atau hompimpa (smoga mengerti maksudnya,hehe), karena sejak saya kecil (usia belasan) saya sudah pernah melakukan permainan-permainan sederhana itu. Lain hal jika di lihat dari game-game modern, game-game yang sudah di aplikasikan dalam dunia digital. Berikut sejarah perkembangannya :
Game generasi pertama, Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT). Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope. Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
Game generasi kedua, Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong. Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Generasi ketiga, Pada generasi ini ada sebuah konsole game baru dengan nama Sega Mega Drive yang merupakan generasi ke tiga dari dunia game, sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, Jika konsole sebelumnya, yaitu nintendo dikenal dengan super mario brossnya, disini sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog.
Pada generasi ke empat dari sejarah game produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah playstation merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.
Generasi kelima playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2 namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan saingan PS2 ,XBox, sega Saturn, Dreamcast, dari generasi kelima ini sudah mulai banyak perusahaan perusahaan yang memproduksi konsole game.
Generasi sekarang, pada tahun ini sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia PS juga masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII. Jika kita bandingkan tilik dari generasi pertama sampai generasi sekarang perkembangan game sangat cepat berkembang, bahkan sekarang sedang dikembangkan game simulasi yang menggunakan kacamata khusus sehingga nantinya user sendirilah yang masuk dan bermain kedalam game tersebut.


Klasifikasi Game
Game di bedakan menjadi beberapa klasifikasi, di antaranya :
1. Advergaming.
Di lihat dari namanya game adalah sebuah game (permainan), sedangkan adver di ambil dari istilah advertising (periklanan), jadi advergame merupakan permainan yang di gunakan untuk mempromosikan suatu brand atau produk tertentu. di sini saya ambil contoh sebuah minuman bersoda P*psi yang membuat sebuah game dengan tema Pepsiman.
2. Edutainment
Merupaka klasifikasi kedua sebuah game yang mana game yang termasuk dalam klasifiasi ini merupakan game yang berbasis education entertainment, yaitu game yang memiliki unsur pendidikan juga entertain. Edutainment game ini biasanya di tujukan untuk anak-anak sebagai sarana belajar, agar anak-anak lebih tertarik untuk belajar karena di dalamnya terdapat unsur permainannya yang memang di sukai anak-anak.
3. Game-Based Learning
Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini :
1. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar.
2. Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan komponen motivasi pada siswa.
3. Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya.

Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya :
Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game.
Jika anda kalah dalam game ini tinggal mencoba lagi dengan memulainya dari awal.
Memainkan game tanpa menikmati alur yang sudah disiapkan oleh game tersebut.
Secara garis besar Game-Based Learning adalah salah satu metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran dan tentunya ini dapat dilakukan tidak dengan kaku melainkan dengan Blended Method, sehingga ada keseimbangan dalam metode pembelajaran konvensional dengan Game-Based Learning.
4. Edumarket Games
Merupakan kombinasi dari advergaming dan edutainment.
5. News Games atau Journalistic games
Sesuai dengan namanya, News atau journalistic yang bisa di artikan dengan berita, maka game ini berarti game yang biasanya mengandung berita atau informasi yang berguna bagi sebagian orang.
6. Simulation Games
Merupakan game atau permainan yang digunakan sebagai contoh ataupun simulasi dari sesuatu yang ingin di sampaikan oleh pembuat game itu sendiri.
7. Persuasive Games
Persuasif bisa di artikan dorongan, berarti game ini merupakan game yang dibuat untuk mendorong atau memotivasi orang yang memainkannya.
8. Organizational-Dynamic Games
Merupakan game yang digunakan dalam sebuah organisasi.

Game Online
Setelah tadi saya bahas masalah game, sekarang saya akan coba bahas dengan lebih spesifik, game online. Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
Tipe-tipe Game Online
First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.
Dampak Positif dan Negatif Game Online
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.

Sumber : - google.co.id
- wikipedia.org

4 komentar:

  1. PERTAMAXXXX
    mantaf INPOHnya !

    BalasHapus
  2. terima kasih..
    masih newbie nih,sering2 mampir ya,hehe:)

    BalasHapus
  3. Mangstab gan.., :)

    Thanx inponya niy met
    moga sukses tugasnya..
    Lanjutkan...!!!

    BalasHapus
  4. ga' pake playlist met?????????

    BalasHapus